Cara Merawat Static Eliminator Bar


Static Eliminator atau anti static bar merupakan alat industri yang berguna untuk mencegah terjadinya masalah pada material produk selama proses mesin berlangsung. Jika membahas tentang penggunaan produk static eliminator, perlu juga diketahui mengenai beberapa hal terkait penggunaan supaya produk dapat berfungsi secara maksimal dan tahan lama.





Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait perawatan static eliminator agar dapat terus digunakan dengan optimal.

Memastikan Power Supply

Pastikan kabel grounding power supply terhubung dengan baik. Untuk berjaga-jaga, Anda dapat transformator terhubung dengan baik serta knop kabel ground terjaga kekencangannya sebelum digunakan.


Selain itu, pastikan juga power supply dan kabel grounding jauh dari air, minyak, pipa gas, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk menghindari beberapa masalah yang tidak diinginkan.


Pembersihan Harian


Beberapa perawatan yang dapat dilakukan adalah membersihkan secara berkala static eliminator bar. Pembersihan dilakukan dengan tujuan agar mesin tetap berjalan secara optimal. 


Jika static bar terutama pada bagian nozzle atau penembak ion terhalang partikel-partikel kecil seperti debu, maka proses eliminasi ESD atau aliran listrik statis tak akan berjalan secara maksimal. 


Proses pembersihan bar terbilang cukup mudah, hanya dengan menggunakan kain dan kuas halus. Berhati-hatilah pada bagian nozzle atau penembak udara agar saat pembersihan tidak terjadi kerusakan.


Selain itu, pastikan juga, listrik static eliminator sudah dimatikan.

 

0 on: "Cara Merawat Static Eliminator Bar"