Web Inspection System Untuk Inspeksi Mesin Pembuat Kemasan Fleksibel



Untuk menciptakan produk kemasan fleksibel terbaik, dibutuhkan serangkaian alat untuk membantu proses pembuatan kemasan berjalan dengan baik.

Beberapa alat seperti web guide system dan video web inspection system menjadi beberapa spare part penting yang berguna untuk menjaga dan memastikan material kemasan yang diproduksi berhasil dibuat.


Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang salah satu sparepart penting untuk memastikan hasil produk material kemasan yaitu Web Inspection System. Simak pembahasan ini hingga akhir untuk mendapatkan informasi penting tentang produk ini.


Apa Itu Web Inspection System ?



Web Inspection System merupakan alat yang mampu merekam dan menangkap gambar material yang bergerak selama proses produksi seperti pada mesin printing rotogravure.


Penggunaan web inspection system adalah untuk memeriksa apakah selama proses kerja mesin terjadi beberapa masalah atau defect seperti misprint dan lain sebagainya pada substrat.


Jika defect dapat ditemukan, maka bagian yang terkena defect dapat segera diatasi sehingga tidak ada kemasan yang defect yang dibuat dipasaran.


Proses Inspeksi Pada Pembuatan Kemasan


Terdapat beberapa proses pembuatan kemasan fleksibel yang bisa menggunakan web inspection system untuk memastikan apakah terjadi kesalahan selama proses kerja, beberapa proses kerja tersebut diantaranya : 


Inspeksi Substrat

Maksud dari proses inspeksi pada substrat itu sendiri adalah memeriksa kualitas dari material atau substrat itu sendiri. Beberapa pengawasan material yang perlu diperhatikan seperti beberapa bagian yang sobek, goresan, ataupun gangguan dari partikel asing dapat dipantau menggunakan web inspection system.



Inspeksi Proses Printing














Pada proses printing material seperti rotogravure, material akan direkam dan dipastikan apakah terjadi defect atau perubahan seperti misprint, hasil cetak yang tidak tepat, perubahan warna, dan lain sebagainya.


Inspeksi Proses Slitting

Saat melakukan rewinding pada proses slitting, material akan sangat berisiko mengalami beberapa masalah seperti tension yang kurang baik, ataupun hasil gulungan yang tidak sejajar.


Kemampuan deteksi secara real-time dari Inspection system dapat mencegah proses winding yang berantakan pada mesin slitting


Inspeksi Proses Laminating dan Coating

Tidak hanya pada printing, proses lain seperti laminasi dan coating juga memerlukan web inspection untuk beberapa pengawasan seperti memastikan layer coating, mendeteksi beberapa defect seperti delaminating. bubble (menggelembung), kerutan, dan proses coating yang tidak merata.


Dengan mengidentifikasi defect saat produsen dapat mengambil beberapa tindakan untuk mencegah terjadinya pemborosan material.


Inspeksi pada Mesin Bag Making

Pada proses akhir pembuatan kemasan atau proses bag making, inspeksi dapat dilakukan untuk memeriksa apakah terjadi masalah akibat deviasi yang mungkin terjadi pada saat proses kerja pada mesin bag making.


Manfaat Menggunakan Web Inspection System bagi Industri Pembuatan Kemasan Fleksibel


Penggunaan sistem inspeksi video web membawa berbagai manfaat bagi industri kemasan fleksibel, diantaranya :


Memastikan Kualitas Material

Dengan kemampuan deteksi material defect real-time dan mampu menangkap permukaan substrat yang bergerak cepat, anda dapat memastikan kualitas material yang dibuat apakah sudah berjalan sempurna.


Melakukan Pemantauan Terbaik

Dengan meminimalkan jumlah produk cacat yang dihasilkan, sistem inspeksi video web membantu mengurangi pemborosan material dan sumber daya. Ini berdampak positif pada efisiensi produksi dan keuntungan keseluruhan perusahaan.


Meningkatkan Efisiensi Produksi

Proses inspeksi otomatis yang dilakukan oleh sistem ini mengurangi keterlibatan manual dalam mengawasi kualitas kemasan. Ini membebaskan tenaga kerja untuk tugas-tugas lain yang lebih kompleks dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.



0 on: "Web Inspection System Untuk Inspeksi Mesin Pembuat Kemasan Fleksibel"