Fungsi Penggunaan Static Eliminator Bar

 

Static eliminator bar atau anti static bar merupakan alat berbentuk bar panjang yang dipasang di atas web atau substrat yang akan dijalankan. Alat ini berguna untuk membantu melindungi material web dari beberapa masalah pelepasan listrik statis (ESD) yang akan menyebabkan beberapa masalah pada material produksi.


ESD (ElectroStatic Discharge) muatan listrik statis yang dihasilkan oleh gesekan antara material web atau substrat dengan perangkat mesin seperti roller yang terjadi dalam frekuensi yang cukup tinggi. Jika perusahaan tidak menggunakan alat anti static seperti static eliminator bar pada mesin, maka perusahaan akan berisiko mengalami kerugian akibat masalah yang ditimbulkan ESD tersebut


Manfaat Produk Static Eliminator Bar


Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan static eliminator bar terutama dalam converting industry atau industri konversi material : 


1. Melindungi dari Kemungkinan Penempelan Debu

Pada mesin printing seperti rotogravure, penempelan debu pada material web atau substrat merupakan sumber terjadinya masalah besar. Debu yang menempel pada web akan menghalangi proses kerja dan berisiko menimbulkan beberapa masalah seperti produk defect akibat material terhalang debu saat printing berlangsung.


2. Mengurangi Masalah Pada Mesin Bag Making

Mesin bag making digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis kantong plastik dan kemasan fleksibel. Pelepasan listrik statis (ESD) pada bag making akan mengakibatkan stacking (penumpukan produk akhir) berantakan akibat menumpuknya muatan listrik statis.


Stacking produk akhir yang buruk akan membuat proses kerja yang tidak efisien akibat perlu adanya upaya tambahan untuk merapikan produk. 


Dengan menggunakan static eliminator bar, maka stacking pada produk bag making akan tertata rapih dan memudahkan pekerja untuk melakukan pekerjaan serta mengefisiensi waktu kerja perusahaan.


3. Memudahkan Proses Mesin Offset

Jika ESD atau pelepasan listrik statis tidak dapat diatasi pada mesin offset, maka akan terjadi beberapa masalah pada proses produksi. Masalah yang terjadi biasanya berupa lembaran yang menempel bersama yang mengakibatkan masalah seperti misfeed, double-feed, dan lembaran terpelintir atau twisting pada feedboard. 


Dengan menggunakan produk anti static, anda dapat mengeliminasi ESD dan menjaga hasil produk tetap terjaga.


4. Mengurangi Risiko Kebakaran dan Ledakan

Fungsi selanjutnya pada static eliminator bar adalah mencegah terjadinya percikan api saat proses produksi akibat gesekan produk dalam frekuensi yang tinggi.


Masalah percikan api akan menjadi lebih berbahaya apabila terkena bahan yang mudah terbakar seperti solvent. Masalah seperti ini dikhawatirkan dapat membahayakan nyawa karyawan serta membuat kerugian 


 yang dikhawatirkan menyebabkan kebakaran yang akan membahayakan karyawan serta merugikan perusahaan.


5. Mengurangi Defect atau Waste

Kesalahan pada proses produksi berpotensi menciptakan produk cacat atau defect bahkan waste (produk yang terbuang) sehingga menimbulkan kerugian.


Masalah ini akan dapat diatasi jika masalah pada proses produksi seperti ESD (Pelepasan muatan statis) dapat diatasi. Dengan menggunakan produk static eliminator bar, kemungkinan terjadinya product defect akan dikurangi sehingga kerugian dapat semakin diminimalisir.


6. Efisiensi Biaya Operasional

Selain meningkatkan efisiensi produksi serta efisiensi material, Penggunaan static eliminator bar juga dapat menjaga biaya operasional dari segi perawatan. Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk perawatan static bar anda.


Dapatkan Static Eliminator Bar Dengan Harga Terbaik


Nikmati seluruh manfaat barusan dengan menggunakan anti static bar pada mesin produk. Kami, PT. Prima Mas Agung siap memberikan anda pelayanan dan produk anti static eliminator bar terbaik dengan harga yang terjangkau.

Anda hanya perlu menghubungi kami pada kontak di bawah ini dan dapatkan promo paket anti static bar terbaik terbaik untuk industri anda : 


Kontak Tim Kami

Email : marketingprimamas@yahoo.com

Telpon :

+6221-2909-3930 (Phone)

wa.me/6281380043130 (Mobile/Whatsapp)









0 on: "Fungsi Penggunaan Static Eliminator Bar"