Manfaat Penggunaan Web Guide System Pada Pabrik Flexible Packaging


penggunaan-web-guide-system


Dunia bisnis yang terus berkembang mendorong banyak industri melakukan inovasi agar bisnis dapat melesat maju. Beberapa manufaktur membutuhkan teknologi yang mampu mendukung peningkatan produktivitas serta efisiensi bisnis.

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan studi kasus bagaimana sebuah perusahaan berhasil meningkatkan performa produksi perusahaan dengan menggunakan web guide system.

Sebelumnya, kami melihat beberapa tantangan yang dihadapi oleh perusahaan serta solusi yang dipilih, dan manfaat nyata yang dapat dirasakan jika menggunakan web guide system.


Mengapa Sebuah Perusahaan Manufaktur Membutuhkan web guide system untuk membantu proses produksi ?


Perusahaan manufaktur yang menjadi contoh fokus kali ini perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan flexible packaging atau kemasan fleksibel. Kemasan yang dibuat dapat berbagai macam jenis seperti halnya minuman, makanan, bahkan obat-obatan atau farmasi.

Sayangnya, dalam proses produksi flexible packaging, terdapat beberapa masalah yang harus dihadapi seperti :


Alignment web yang tidak selaras dengan konsisten

Masalah paling umum pada mesin pengolahan kemasan fleksibel adalah alignment atau proses berjalan web yang tidak lurus. Masalah ini akan menyebabkan defect pada produk dan meningkatnya waste atau limbah produksi. Penyesuaian manual membutuhkan waktu dan seringkali mengakibatkan keterlambatan produksi.

Waktu Henti dan Kerugian Produktivitas

Jika pada proses kerja mesin, web yang bermasalah akan mengakibatkan waktu henti produksi dan membuat produktivitas produksi menurun yang mengakibatkan kerugian.

Untuk meminimalkan gangguan, perusahaan harus menyadari pentingnya solusi perbaikan otomatis dan efisien untuk mengurangi kemungkinan waktu henti produksi.

Kualitas Produk yang Buruk

Jika pada proses produksi terjadi defect dan hal itu berlangsung dalam waktu dan jumlah yang besar maka kerugian perusahaan tidak dapat dihindari.Hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan customer.


Cara Menggunakan Web Guide System Pada Perusahaan Flexible Packaging

Dari beberapa masalah yang sudah disebutkan di atas, perusahaan memerlukan produk solusi produk yang dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan cara menjaga proses produksi web agar terhindar dari beberapa kesalahan.

Web Guide System merupakan solusi pengendali masalah misalignment pada proses kerja web. Dengan memahami penggunaannya, anda dapat menjaga efisiensi kerja pada industri anda. Namun sebelum itu, anda perlu mengetahui beberapa hal berikut :


Komponen Utama Web Guide System

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan web guide system, anda perlu mengetahui produk apa saja yang termasuk dalam web guide system


Sensor EPC/LPC dengan Resolusi Tinggi


Perusahaan flexible packaging memerlukan sensor EPC/LPC  dengan kemampuan feedback data realtime dan akurasi yang tinggi. Hal ini berfungsi untuk memberitahukan sesegera mungkin jika terjadi deviasi atau penyimpangan pada web.

Web Guide Controller yang Mudah Digunakan

Sistem ini diintegrasikan dengan program yang mudah untuk digunakan. Web Guide Controller memungkinkan operator untuk mengatur parameter dan memberikan penyesuaian khusus terutama berbagai jenis bahan atau label

Aktuator

Rangkaian web guide yang tak kalah penting selanjutnya adalah aktuator. Alat ini berfungsi untuk mendorong atau mengembalikan web yang mengalami misalignment (keluar dari jalur yang seharusnya) menuju ke posisi yang seharusnya.

Alat ini menggabungkan servo motor dan pneumatic cylinder. Kombinasi ini memungkinkan penyesuaian cepat dan tepat untuk memastikan penyelarasan bahan web yang optimal.


Hal yang Perlu Dipastikan Sebelum Menggunakan Web Guide System

Setelah mengetahui serangkaian alat penting yang tergabung ke dalam satu kesatuan web guide system, anda perlu mengetahui bagaimana langkah penggunaan alat-alat ini. Berikut beberapa langkah pembuatan web guide system : 


Melakukan Setting Awal

Sesuaikan beberapa poin penting seperti mengidentifikasi beberapa beberapa spesifikasi seperti jenis material, lebar, dan kecepatan mesin dalam memproses produk.

Pelatihan Operator

Latih operator tentang penggunaan dan pemeliharaan alat yang benar. Kenalkan pada operator tentang tampilan alat dan prosedur pemecahan masalah jika terjadi beberapa masalah dalam produksi.

Pemantauan Kinerja

Terapkan sistem pemantauan untuk melacak kinerja sistem panduan web. Tinjau data secara teratur untuk mengidentifikasi area-area yang dapat dioptimalkan dan pemeliharaan preventif.

Perbaikan Berkelanjutan

Adopsi budaya perbaikan berkelanjutan. Evaluasi secara teratur efektivitas sistem panduan web dan jelajahi peluang untuk peningkatan atau peningkatan agar tetap sejalan dengan perkembangan teknologi.


Manfaat Penggunaan Web Guide System Pada Industri Flexible Packaging


Presisi dan Konsistensi

Penggunaan web guide system menghasilkan peningkatan signifikan dalam presisi penyelarasan web. Konsistensi jalur produksi meningkat, mengakibatkan lebih sedikit variasi dalam produk akhir.

Mengurangi Waste

Web guide memiliki mengurangi masalah waste secara signifikan karena efisiensi kerja yang baik. Hal Ini tidak hanya menghemat uang tetapi juga sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan.

Meningkatkan Produktivitas

Dengan proses kerja yang baik. Industri flexible packaging akan dapat mencapai kualitas kerja terbaik dengan menjaga produktivitas kerja dan mengurangi masa henti kerja.

Jaminan Kualitas dan Kepuasan Pelanggan

Peningkatan presisi dalam penyelarasan web secara tidak langsung akan memberikan jaminan kualitas produk yang akan menjaga kepuasan kepada pelanggan.

Kemampuan Adaptasi Material Berbeda yang Baik

Beberapa masalah dalam pengolahan web adalah spesifikasi material serta pengolahan yang berbeda-beda. Kemampuan adaptasi material ini menjadi hal penting yang perlu dimiliki setiap industri flexible packaging.

 

0 on: "Manfaat Penggunaan Web Guide System Pada Pabrik Flexible Packaging"