Cara Kalibrasi Awal pada Web Guide System



Web guide system atau web guide merupakan alat penting yang digunakan pada converting industry seperti blown film, mesin bag making, mesin slitter, ataupun mesin printing.

Alat ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa bahan yang bergerak dalam lintasan tetap berada pada posisi yang yang sesuai. Karena itu, penting untuk memastikan kalibrasi atau setting awal pada web guide diatur dengan tepat.


Kenapa Proses Kalibrasi Penting untuk Web Guide System


Kalibrasi adalah proses penyesuaian dan pengaturan awal pada web guide system supaya proses pengukuran dan pengontrolan bahan dapat bertahan pada posisi yang tepat. Berikut ini beberapa alasan mengapa menyiapkan kalibrasi yang tepat pada web guide menjadi hal yang penting dilakukan : 


Presisi Pemotongan dan Pembentukan

Dalam mesin slitter atau mesin bag making, proses kerja memerlukan web tension (ketegangan web) yang sesuai agar proses pemotongan dan pembentukan produk dapat berjalan maksimal.


Memaksimal Kualitas Cetak Secara Konsisten

Untuk mesin printing seperti rotogravure dan flexo, hasil cetak yang maksimal merupakan target utama pada mesin. Karena hal tersebut, diperlukan alat penjaga tension serta posisi web agar tidak terjadi beberapa defect yang mungkin terjadi karena web atau bahan tidak bergerak dengan tepat.


Efisiensi Produksi

Dengan melakukan kalibrasi yang tepat, maka kemungkinan terjadi defect produk atau waste akan semakin kecil. Dengan keuntungan ini, mesin dapat dioperasikan pada frekuensi dan dengan kecepatan maksimal.


Meminimalisir Downtime

Karena mesin dapat bekerja secara maksimal, maka kemungkinan downtime akibat beberapa kesalahan akan semakin diminimalisir dan memungkinan produktivitas meningkat.


Keselamatan Operator

Beberapa perbaikan produksi akibat proses kerja mesin yang tidak berjalan dengan baik akan berisiko mengakibatkan beberapa bahaya bagi pekerja, karenanya penting untuk membuat mesin tepat berjalan dengan baik tanpa kendala.


Semakin minim kendala berat saat proses produksi, maka industri telah berkomitmen untuk menjaga para karyawan dari hal yang tidak diinginkan akibat kerusakan atau error tak terduga yang mungkin terjadi saat produksi.


Langkah Melakukan Kalibrasi


Proses kalibrasi digunakan untuk menyesuaikan parameter sistem untuk mendapatkan alat dengan akurasi kerja tinggi. Berikut adalah langkah-langkah dalam proses kalibrasi:


Dapatkan Informasi Bahan yang Akan Diproses


Kumpulkan informasi yang diperlukan tentang bahan web ataupun informasi mengenai perlakuan khusus pada proses produksi. Beberapa detail penting seperti lebar web, akurasi perataan yang diinginkan, dan kecepatan kerja web harus dipastikan dengan tepat.


Konfigurasi Sistem


Untuk mengkonfigurasi parameter, gunakan web kontrol. Masukkan beberapa data penting yang dibutuhkan seperti lebar web, kecepatan, dan presisi alignment yang diinginkan. Beberapa hal lain yang bisa anda atur pada web sensor termasuk juga bisa mengatur sensitivitas sensor, respons kontrol, atau parameter lain yang relevan untuk sistem.


Uji Coba


Untuk melihat kinerja awal sistem, lakukan uji coba dengan sampel bahan web. Perhatikan bagaimana sistem melacak bahan dan apakah alat sudah bekerja melakukan alignment dengan benar. Perhatikan dengan cermat kesalahan pelacakan atau penyimpangan dari jalur yang diharapkan selama pengujian ini.


Lakukan Penyesuaian


Setelah melakukan uji coba awal, Sesuaikan parameter sistem hingga mendapatkan paramater maksimal. Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian ulang pada faktor-faktor seperti sensitivitas sensor, waktu reaksi kontrol, atau pengaturan filter. Modifikasi ini akan berbeda tergantung pada sistem dan kemampuannya.


Ulangi Uji Coba


Ulangi lagi uji coba dengan sampel bahan web setelah melakukan beberapa penyesuaian ulang. Periksa kinerja sistem. Jika perlu, terus perbaiki parameter dan ulangi uji coba hingga akurasi pelacakan yang diinginkan tercapai.


Tambahan Penyesuaian


Anda bisa melakukan beberapa penyesuaian tambahan untuk mengoptimalkan kinerja sistem setelah sistem melacak web online dengan akurat. Penyesuaian tambahan Ini termasuk modifikasi mekanisme web tension control, pengaturan deteksi bagian tepi, kontrol stabilitas, atau faktor-faktor khusus sistem lainnya.


Tips Penyesuaian Kalibrasi


Proses kalibrasi awal pada web guide system melibatkan beberapa langkah sederhana yang bisa disesuaikan. Anda bisa melakukan setting secara otomatis maupun secara manual untuk melakukan kalibrasi.


Jika anda masih bingung dalam menentukan setting awal web guide system, anda dapat menghubungi tim sales kami dan dapatkan pilihan produk web guide dengan harga terjangkau serta bantuan pada proses kalibrasi dengan cek link berikut ini. >>Beli Web Guide Di Sini<<


Jika ingin melihat produk web guide system kami lebih jelas, anda dapat klik link ini

>>Produk Web Guide System Harga Terjangkau<<

0 on: " Cara Kalibrasi Awal pada Web Guide System"